Sabtu, 09 Maret 2013

Tips Kreatif Tingkatkan Pendapatan Toko Online

Merintis bisnis hampir sama seperti membangun sebuah rumah, sekali pun itu hanya sebuah Toko Online. Tidak cukup hanya membangunnya lalu diabaikan begitu saja, namun memerlukan perencanaan dan perawatan yang matang dalam menjalankannya agar bisnis semakin maju dan sukses.
Toko Online Titazmineshop
Toko Online Titazmineshop
Tanpa adanya aktifitas jual beli, sebuah toko online akan mengalami kerugian yang secara cepat akan mengalami kebangkrutan yang sering kita istilahkan gulung tikar. Sebuah Kreatifitas dalam menjalankan sebuah bisnis tidak hanya pada variasi produk namun kreatif dalam segala hal pendukung, berjalannya sebuah bisnis toko online. Program promosi yang tidak tepat bisa mengakibatkan pemborosan biaya promosi tanpa menghasilkan peningkatan penjualanatau income.

Publisitas yang baik akan melahirkan kredibilitas yang baik. Dalam sebuah publisitas, Anda bukan berbicara kepada diri Anda sendiri tetapi konsumen yang sudah pernah membeli produk Anda dan pelanggan setia agar merasa puas lalu mereka yang berbicara kepada orang-orang di sekelilingnya. Sebuah iklan yang dipasang diberbagai media hanya untuk mengingatkan tentang produk Anda bukan unutk meningkatkan kredibilitas. 

- Ciptakan web toko online yang menarik. Tampilan muka adalah hal pertama yang akan menentukan apakah orang tertarik untuk membeli atau tidak. Buatlah toko online simpel, dan tidak membingungkan pengunjung. 

- Susun strategi promosi yang kreatif. Buatlah kalimat penawaran yang bisa Anda jadikan sebagai tagline toko online dan sebar di web pasang iklan baris. Menyediakan sampel gratis atau paket sampel untuk calon pelanggan Anda. 

- Buatlah pelanggan mengingatkan Anda. Buatlah percakapan sederhana dengan pelanggan, walaupun hanya sekedar basa basi. Hal ini akan membuat pelanggan ingat bahwa dia pernah membeli produk di tempat Anda dan Anda dapat berharap jika sewaktu-waktu ada kerabatnya yang membutuhkan produk tersebut pelanggan Anda dapat merekomendasikan Anda. 

- Memberikan akses yang mudah untuk pelanggan, misalnya SMS dan telepon. Pelanggan akan percaya untuk berbelanja jika Anda mudah dihubungi. Kunci bertransaksi online adalah sebuah kepercayaan.

- Sesuaikan sapaan untuk target pelanggan Anda. Jika Anda menjual Kosmetik biasanya pelanggan adalah para ibu dan sapaan yang lazim digunakan adalah “mom”, jika target Anda wanita secara umum sapaan yang biasa digunakan adalah “sister”. Bersikaplah layaknya seperti teman kepada pelanggan, hal ini akan membangun kedekatan dari sisi psikologis. 

- Menurunkan harga jual belum tentu meningkatkan penjualan. Turut serta dalam perang harga dengan sesama toko online belum tentu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Anda. pemberian diskon diberikan agar penjualan terus berlanjut, bukan mengurangi keuntungan yang dihasilkan. Pemberian diskon harus jelas ketentuannya, misalnya pembelian dalam jumlah besar, pembayaran tunai, dan event tertentu.

- Garansi. Meyakinkan pelanggan bahwa produk yang Anda jual adalah produk original, jika tidak sesuai bisa ditukar, produk makanan tidak mengandung bahan pengawet adalah beberapa garansi yang biasa diberikan oleh penjual kepada pelanggannya. Jaminan bahwa Anda bukan termasuk dalam blacklist seller juga bisa dijadikan sebagai garansi.