Senin, 14 Januari 2013

Tips Atasi Rambut Rontok Secara Alami



Rambut rontok adalah masalah yang serius bagi sebagian besar orang. Kerontokan yang serius kan mengakibatkan kebotakan dan bisa mengganggu penampilan terutama bagi para wanita akan menjadi tidak percaya diri walaupun memakai busana wanita yang bagus sekali pun yang di beli di toko online terpecaya. 

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya stres, adanya luka di kepala, pemakaian produk untuk kepala seperti sampo yang tidak cocok, penyakit, atau sedang menjalani pengobatan. Alopecia adalah istilah medis yang digunakan untuk rambut rontok berlebihan. Berikut Tips Atasi Rambut Rontok Secara Alami

Macam-macam penyebab rambut rontok :
  • Anemia. Kekurangan zat besi pada sel darah merah bisa menyebabkan kerontokkan karena zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel rambut.
  • Hypo atau hyperthyroidism. Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Cobalah konsultasi dengan dokter kecantikan untuk menyeimbangkan hormon tiroid pada rambut Anda.
  • Kurangnya asupan kalori.Wanita rela melakukan apa pun demi menurunkan berat badan termasuk diet ketat rendah kalori. Banyak wanita tidak sadar cara diet seperti ini akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan kram pada beberapa bagian tubuh. Pastikan mengkonsumsi protein yang cukup selama melakukan diet. Protein juga merupakan salah satu zat esensial yang berfungsi memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan rambut.
  • Faktor keturunan. Jangan pernah menyalahkan Tuhan karena memberikan Anda rambut yang tidak sehat. Anda tetap bisa berusaha dan melakukan perawatan untuk rambut Anda agar tetap bisa terlihat indah dan memukau.
Menjaga kesehatan rambut adalah hal mutlak yang harus semua orang lakukan termasuk Anda. Asupan vitamin seperti A, B, C, dan E sangat penting untuk membantu pertumbuhan rambut. Untuk mencegah kerontokan rambut, silahkan Anda coba cara-cara berikut :
  • Konsumsi makanan bergizi. Vitamin A, B, C, dan E wajib ada dalam menu makanan Anda. Jika perlu konsumsi lah suplemen tambahan untuk menunjangnya.
  • Berhenti merokok. Zat yang ada pada rokok sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa mengurangi aliran darah ke kulit kepala, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kulit kepala menjadi tidak sehat dan kerontokan rambut. Mulai sekarang tentukanlah pilihan!
  • Gunakan minyak zaitun. Hangatkan minyak zaitun dalam tungku kecil, lalu tempelkan di kulit kepala sambil Anda pijat dengan lembut dan merata. Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap untuk membantu penyerapan minyak ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu keramas seperti biasa, tidak perlu menggunakan kondisioner. Selain itu bisa juga dengan mencampurkan minyak zaitun dengan bubuk kayu manis, madu atau putih telur. Oleskan pada rambut dan diamkan sebentar, kemudian bilas dengan sampo. Untuk perawatan rambut anda jangan lupa gunakan minyak zaitun jenis extra virgin.
  • Hindari kontak langsung dengan matahari. Sinar UV dapat merusak kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut sehat. Jika keluar rumah pakailah topi atau selendang untuk menutupi kepala Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar